Kiat mencegah & mendeteksi Kanker Payudara

1539615864Sorella.jpg

Meski penyebab kanker payudara belum benar-benar diketahui, namun tidak ada salahnya melakukan pencegahan serta deteksi dini.

Di bawah ini adalah beberapa pedoman pencegahan kanker, termasuk kanker payudara, serta cara mendeteksinya secara dini. Oleh WHO kita juga diajak untuk hidup lebih sehat serta mewaspadai beberapa hal pemicu kanker.

Berhenti merokok. Penelitian membuktikan bahwa kurang lebih 22 persen dari kematian akibat kanker per tahun disebabkan oleh tembakau.

Jaga berat badan ideal dan bergaya hidup sehat. Karena ditemukan hubungan antara kelebihan berat badan dan obesitas untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Hindari minuman beralkohol. Telah ditemukan juga kaitan alkohol dengan berbagai jenis kanker.

Jaga lingkungan kita. Pencemaran lingkungan udara, air, dan tanah dengan bahan kimia karsinogenik menyumbang 1-4 persen dari semua kasus kanker. Pelajari sejarah keluarga. Apakah ada yang pernah mengidap kanker payudara?.

SADANIS atau Periksa Payudara Klinis. Sadanis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan terlatih. Jadi, jangan lupa untuk melakukan mammograms dan pengecekan payudara secara klinis setiap tahun apalagi setelah berumur 40 tahun.

Lakukan SADARI atau perikSA payuDAra sendiRI. Untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara dan memperbesar kesempatan untuk sembuh, lakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri sebulan sekali.

Posted on Nov 13, 2018